Sabtu, 11 Januari 2014

You Gotta Know Me (DPIdaMU’s Interview) Bangka Belitung

Profil: Puteri Indonesia Bangka Belitung

Nama Lengkap: Verawaty
Nama Panggilan: Vera
Tempat, Tanggl Lahir : Muntok, 24 Oktober 1992
Tinggi Badan: 173 cm
Hobi: Berenang, Food Hunting.
Pendidikan: Mahasiswi Semester 7, STIKOM The London School of Public Relations-Jakarta.
Prestasi:
- Kejurnas 2008 lari 100m Putri (Bangka Belitung) Tingkat Nasional
- O2SN SMA 2009 lari 100m Putri (Bangka Belitung) Tingkat Nasional
- Koko Cici Jakarta 2011, Mr&Ms LSPR (Duta Kampus) 2012
- Miss Coffee Bangka Belitung 2012, Top 15th Miss Coffee Indonesia 2012
Social Media :
- Twitter : @verawaty_


1. Jelaskan secara singkat tentang diri kamu!.
Verawaty kelahiran Muntok, 24 Oktober 1992. Saya terlahir menjadi seorang gadis yang pendiam dan pemalu, dari sejak kecil saya tidak pernah mengikuti lomba apapun, lomba menyanyi, lomba baca puisi, lomba 17 Agustus-an, ataupun lomba parade catwalk cilik, jangankan untuk mengikuti lomba, disuruh maju kedepan kelas pun saya sangat nervous dan tidak berani tampil. Padahal di hati kecil saya, saya ingin menjadi seorang Puteri Indonesia suatu hari kelak. Sejak berumur 9 tahun saya sering menonton dan mengikuti acara Puteri Indonesia setiap tahunnya di televisi. Dan ketika saya duduk di kelas 4 SD, saya ditarik oleh guru olahraga saya untuk mengikuti lomba lari, karena beliau merasa saya mempunyai bakat di bidang olahraga. Dalam hati kecil saya ‘saya tidak bisa kalau hanya bisa bermimpi tanpa berusaha dan memelihara sifat pendiam dan pemalu saya’. Saya pun terjun ke dunia atletik. Saya mendapatkan perunggu dilomba pertama saya tingkat Provinsi kelas 4 SD dalam lari 200m putri PORSENI SD. Bakat yang saya punya terus saya asah hingga beberapa kali mewakili Bangka Belitung di tingkat nasional. Lomba-lomba lari yang saya ikuti antara lain: PORSENI, O2SN, POPDA, KEJURDA, PORPROV, POPNAS, PORNAS, KERJURNAS. Dan cabang atletik yang saya kuasai yaitu Lari 60m, Lari 100m, Lari 200m, Lompat Jauh, Estafet 4x100m, Estafet 4x400m. Karena sering mengikuti lomba lari, rasa percaya diri saya semakin meningkat dan terus saya asah, sampai saya duduk di bangku kuliah dan saya memberanikan diri untuk terjun di dunia modeling dan beauty pageant, seperti Finalis Koko Cici Jakarta 2011, Finalis Mr&Ms LSPR 2012, Miss Coffee Bangka Belitung 2012, dan berhasil masuk Top 15th Miss Coffee Indonesia 2012. Saya juga pernah mengikuti pemilihan Puteri Indonesia 2011, namun hanya sampai di Runner Up II tingkat daerah. Saya terus belajar dan belajar mengimprove diri saya menjadi orang yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Saya mencoba lagi mengikuti Pemilihan Puteri Indonesia 2013-2014. Dan akhirnya saya berhasil dan dinobatkan menjadi seorang Puteri Indonesia mewakili daerah saya. Tidak pernah menyangka bahwa mimpi kecil saya sekarang terwujud. Pantang menyerah adalah prinsip saya. Mimpi harus dikejar. Karna kesuksesan menurut saya bukanlah tidak pernah terjatuh, namun akan selalu kembali bangkit saat kita terjatuh. Perjalanan saya masih panjang untuk menggapai mimpi saya, mengharumkan nama daerah saya ditingkat nasional. Saya akan berusaha dan semoga saya dapat menampilkan yang terbaik untuk Bangka Belitung dan untuk INDONESIA !!!!

2. Apa alasan yang mendorong kamu mengikuti Pemilihan Puteri Indonesia?.
Ingin terus belajar untuk bisa lebih mengimprove diri menjadi seorang vera yang lebih baik lagi dari sebelumnya, mengasah kepercayaan diri agar berani menghadapi berbagai macam tantangan, dan pastinya saya ingin membawa nama Bangka Belitung lebih dikenal tidak hanya di domestik namun juga mancanegara, seperti Laskar Pelangi yang telah membawa nama Bangka Belitung sampai internasional, selain itu saya juga ingin menjadi penjembatan bagi pemerintah dan masyarakat dalam memajukan sektor-sektor pariwisata.


3. Apa yang kamu ingin orang lain ketahui tentang daerah kamu?.
Selain dalam sektor pariwisata, saya ingin orang lain mengetahui bahwa Bangka Belitung mempunyai akulturasi budaya yang kuat, perpaduan budaya antara etnis Tionghoa dan Melayu sangat kental dan harmonis dari sejak jaman nenek moyang, salah satu contoh fisik yang menjadi bukti peninggalan sejarah yaitu sebuah mesjid yang berdampingan langsung dengan sebuah kelenteng. Hal ini jarang sekali terjadi di daerah-daerah lain. Oleh karena itu, Bangka Belitung tidak hanya mempunyai pantai-pantai yang cantik, agrowisata yang kaya, sektor industri yang maju dan terkenal, namun Bangka Belitung juga mempunyai kehidupan sosial budaya yang patut dijadikan teladan bagi daerah-daerah lain. Seperti saya, keturunan etnis Tionghua, namun saya juga bisa menjadi seorang Puteri yang dapat mewakili Bangka Belitung ke ajang nasional. Dengan demikian saya ingin meningkatkan awareness masyarakat, khususnya generasi muda untuk lebih menjunjung tinggi nilai kesatuan dan persatuan, tidak ada lagi perbedaan suku, agama, dan ras, namun di sini kita semua SATU. Untuk Indonesia yang lebih maju!!

4. Apa yang membuat kamu bangga terlahir sebagai wanita Indonesia?.
Yang membuat saya bangga terlahir sebagai wanita Indonesia adalah wanita Indonesia mempunyai kegigihan yang luar biasa yang terdidik sejak jaman pahlawan wanita kita, R.A. Kartini, yang memberikan spirit, dan inspirasi bagi setiap wanita Indonesia bahwa seorang wanita tidak hanya cantik dan berhati lembut namun wanita juga mempunyai sosok yang tegar dan bisa bekerja keras.


5. Siapakah orang selain orang tua kamu yang paling berpengaruh di kehidupan kamu?.
Selain orang tua, orang yang berpengaruh di kehidupan saya adalah diri saya sendiri. Dimana saya harus selalu melawan diri dari rasa takut untuk lebih percaya diri dan berani dalam menghadapi setiap tantangan dan masalah dalam hidup saya. Dari diri saya sendiri pula lah saya mendapatkan pengalaman yang dapat mengajarkan saya arti sebuah kehidupan. Karena setiap langkah dalam hidup saya, saya belajar untuk bisa menjadi diri saya yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Just like Donald Thrump said “I try to learn from the past, but I planned for the future, by focusing exclusively on the present”.

6. Jika berkesempatan mewakili Indonesia di ajang Internasional hal apa yang akan kamu ceritakan pada dunia tentang Indonesia?.
Saya akan dengan bangga mengatakan bahwa Indonesia merupakan Negara tropis yang mempunyai salju abadi di puncak Carstenz, yang memiliki padang pasir yang luas di gunung Bromo, dan juga memiliki palung terdalam di lautan Sulawesi, selain itu Indonesia juga memiliki keanekaragaman budaya, sosial, agama, dan saya dengan bangga dapat menyatakan bahwa Indonesia adalah miniatur dunia.


7. Apa yang dapat kamu lakukan untuk menginspirasi wanita muda Indonesia?.
Saya akan meningkatkan awereness wanita muda Indonesia, khususnya orang-orang disekitar saya, to motivate them that they are strong and beautiful. So with their confidents, they will be able to build their potency with their own self and finally be inspiration for others.

8. Apa ketakutan terbesar kamu dan bagaimana kamu menghadapinya ?
Ketakutan terbesar saya adalah tragedi 21 Mei 1998 terulang kembali. Oleh karena itu, saya sebagai Puteri Indonesia Bangka Belitung saya akan meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya generasi muda untuk lebih menjunjung tinggi nasionalisme, saling melengkapi satu sama lain tanpa saling menjatuhkan, mengejek, dan melihat suatu perbedaan menjadi suatu kekayaan yang tidak dimiliki oleh negara lain.


9. Jika ada satu hari dimana tidak ada peraturan dan kamu boleh melakukan hal gila, apa yang akan kamu lakukan?.
Hal gila? Hahaha..well..Saya akan masuk ke mesin waktu, melihat semua kenang-kenangan manis di masa kecil saya, mungkin saya akan tertawa sendiri dan terharu. Saya juga akan memperbaiki semua kesalahan-kesalahan yang pernah saya buat di masa lalu, karna saya juga merupakan makhluk sosial dan tidak pernah luput dari kesalahan.

10. Terakhir, adakah pesan untuk disampaikan pada fans pageant Indonesia?.
Untuk fans pageant Indonesia saya ingin ucapkan terima kasih untuk semua dukungan maupun kritikan selama ini kepada saya. Karna bagi saya segala macam komentar baik itu pujian maupun kritikan merupakan motivasi buat saya melangkah lebih baik lagi ke depannya. Dan untuk semua pageant lovers saya ingin menyampaikan pesan dari salah satu quote yang pernah saya baca, semoga bermanfaat bagi kita semua; “before you open your mouth, make sure you have a mind to back up all the things that you say”. So, don’t say what you know, but you must know what you say. Alangkah baiknya jika kita lebih saling menghargai satu sama lain, dan jangan lupa untuk terus Dukung Puteri Indonesia di ajang Miss Universe. Siapapun yang terpilih ditahun ini pastinya merupakan pilihan terbaik dari yang baik.



Thank's Vera & Goodluck...


Interviewed by: Egy Rinaldi
Posted by: Putri Rahmadyna Aryanti (NBPS)

2 komentar:

  1. Sukses terus buat Verawaty Puteri Bangka Belitung..

    BalasHapus
  2. Wow,it's an inspiration for me.
    Thankyou ka vera

    BalasHapus